DS042-IMAM HUSAIN SAKSI SEJARAH KELAM AHLUL BAIT


Saat itu, hari Selasa tanggal 3 bulan Sya’ban, Rasulullah saw. menerima sebuah anugerah yang sangat membahagiakan hatinya yaitu kelahiran seorang cucu dar puteri tercinta, Fatimah Az Zahra as. Dinamakannya anak itu Husein. Namun kegembiraan Rasulullah tidak berlangsung lama karena sesaat stelah itu, Jibril datang memberitahukan tentang satu perkara besar yang akan menimpa cucu tercintanya itu.
Ketika Husein baru dilahirkan, seperti layaknya orang tua, Rasulullah membacakan adzan pada telinga kanannya dan beliau tersenyum bahagia, akan tetapi saat membacakan iqamat pada telinga kirinya beliau menangis. Para sahabat dan keluarga bertanya : “Apakah yang meyebabkan anda sebentar tersenyum dan sebentar menangis ?”, Rasul menjawab : “Aku tersenyum karena anakku ini akan menjadi seorang pemimpin dan aku menangis karena ia akan mati secara mengenaskan di tangan umatku sendiri”.

Beban batin yang sangat berat ditanggung oleh Rasulullah saw. setiap kali melihat Husein kecil berlari kesana kemari seperti layaknya anak-anak yang lain. Beliau senantiasa menangis ketika mengingat betapa nasib yang malang akan menimpa anak kecil ini di kemudian hari.

Rasul sangat mencintai Al Husein, bahkan pernah pada suatu hari Husein kecil menerobos shaf-shaf shalat hingga sampai kepada Rasulullah yang sedang memimpin shalat. Husein segera naik ke punggung beliau. Karena takut Husein jatuh, Rasul melakukan shalat sambil memegang tangan dan kaki Husein hingga selesai dari shalatnya.1

Rasulullah sangat mencintai Al Husein as. sehingga senantiasa membawanya dalam shalat dan dalam setiap aktivitas.

Pada suatu hari Rasulullah saaw. pergi ke masjid untuk melakukan shalat. Beliau juga mengajak Al Husein as. Saat itu Husein sulit berbicara sehingga Rasul takut jikalau Husein menjadi bisu. Ketika Rasul membaca : “Allahu Akbar”, Husein kecil menirukan dengan membaca : “Allahu Akbar”. Betapa senangnya hati Rasulullah. Beliau mengulangi takbirnya hingga tujuh kali dan Al Husein menirukannya hingga tujuh kali pula demikian pula dengan rakaat kedua.2
Rasul mencintai Husein bukan karena nafsu insaniyah (emosional) dan hawa nafsu. Kecintaannya murni karena perintah Allah serta fadhail yang dimiliki Husein as. Sejak kecil Al Husein telah menampakkan tanda-tanda karamahnya.
Diriwayatkan oleh Al Majlisi dari Salman yang berkata : “Pada suatu hari aku menghadiahi Rasulullah seikat anggur tanpa menggunakan piring. Beliau berkata kepadaku : “Wahai Salman, panggilah Hasan dan Husein untuk makan anggur ini bersamaku !”, akhirnya aku (Salman) pergi mencari kedua anak itu kerumah kedua orang tuanya akan tetapi aku tidak menemukannya. Aku kembali kepada Nabi dan memberitahukan hal itu. Nabi bangkit dan mencari Al Husein as. Nabi mulai merasa kebingungan, beliau berseru : “Wahai anakku, wahai cahaya hatiku, barangsiapa yang dapat menemukan kedua anakku maka ia akan mendapatkan surga !”
Jibril turun dan berkata : “Wahai Muhammad mengapa engkau berteriak ?” “Aku berteriak memanggil kedua anakku karena aku takut tipu daya orang-orang Yahudi”, kata Nabi. Jibril berkata : “Jika engkau takut, takutlah kepada tipu daya orang-orang munafik diantara umatmu karena tipu daya mereka lebih dahsyat dari tipu daya Yahudi”. Jibril meneruskan ucapannya : “Kedua anakmu berada di kebun miliki Bani Dahdah”. Nabi segera berlari menuju tempat yang ditunjukkan Jibril dan menemukan kedua sedang tidur di kebun itu dengan saling berpelukan. Sementara di samping ada seekor ular yang  di mulutnya terdapat sesuatu yang diusapkan ke wajah kedua anak itu. Rasul segera menghalau ular tersebut dan tiba-tiba ular itu berkata : “Assalamu’alaika ya rasulullah, sebenarnya aku bukan ular, aku adalah malaikat karrubi yang lalai bedzikir kepada Allah sekejab mata sehingga Allah murka dan aku dijadikan ular oleh-Nya, aku diusir dari surga dan diturunkan ke bumi. Bertahun-tahun aku mencari seorang yang mulia untuk memberikan syafa’atnya padaku di depan Allah, semoga dengan itu Allah akan memaafkan aku dan mengembalikan aku menjadi malaikat”.
Nabi mendekati Hasan dan Husein dan menciumi kedua anak itu hingga keduanya terbangun. Diletakkan kedua anak kesayangannya itu diatas pangkuannya. Nabi berkata : “Wahai anak-anakku, ular ini adalah malaikat yang dihukum Allah menjadi ular karena ia lupa berdzikir sekejab mata dan ia memohon agar kalian mensyafa’atinya, syafa’atilah dia !”
Hasan dan Husein bangkit dan segera mengambil air wudhu dan melakukan shalat dua rakaat dan setelah itu berkata : “Yaa Allah, atas nama kakekku yang terhormat dan yang kami cintai, Muhammad Al Musthafa saaw., atas nama ayahku Ali Al Murtadha, atas nama ibuku Fatimah Az Zahra, kembalikanlah ia ke wujud semula”. Begitu doa itu selesai dibacakan oleh kedua anak itu, Jibril datang bersama para malaikat dan menyampaikan berita gembira kepada malaikat tersebut bahwa Allah meridhainya dan mengembalikannya pada kedudukan semua. Para malaikat itu kemudia naik ke langit sambil bertasbih kepada Allah swt.
Sesaat kemudian Jibril turun kepada Rsulullah saaw. sambil tersenyum dan berkata : “Wahai Rasul Allah, malaikat yang baru saja mendapat syafa’at menjadikan syafa’at kedua anakmu ini sebagai kebanggan, ia ceritakan kepada stiap malaikat di tujuh langit dengan mengatakan : “Tidak ada yang seperti aku, aku disyafa’ati dua cucu Rasul yang mulia, Hasan dan Husein”.3

Jika kita membicarakan tentang Imam Husein as. maka kita tidak akan pernah mampu mencapai seluruh keutamaannya.
Akan tetapi yang jelas, Imam Husein adalah saksi sejarah umat Islam yang mengingkari ajaran-ajaran nabi mereka.
Imam Husein hidup pada beberapa zaman yang berbeda tapi dengan kezaliman yang sama. Karenanya Imam Husein telah telah banyak mengambil ibrah daripadanya.

·                     Husein hidup bersama Rasulullah                      : 7 tahun
·                     Husein hidup bersama Ali bin Abi Thalib as.                : 30 tahun
·                     Husein hidup bersama Imam Hasan                              : 10 tahun
·                     Zaman keimamannya                                            :10 tahun lebih beberapa bulan

Kehidupan Al Husein bersama Rasulullah memberikan warna ilahi yang sangat indah dalam diri Al Husein. Cahaya terang yang senantiasa keluar dari hati suci Al Husein senantiasa menerangi hati setiap pecinta Ahlul Bait as.
Akhlak mulia Rasul sedemikian terpancar dari setiap perbuatan Al Husein as. Ketika pada suatu hari Hasan dan Husein melewati seorang tua yang melakukan wudhu kurang sempurna. Mereka memikirkan cara yang paling sopan untuk menegur orang yang lebih tua. Mereka berdebat di depan orang tersebut “Engkau melakukan wudhu yang salah”, kata masing-masing dari keduanya, dan sepakat mengadakan lomba melakukan wudhu dengan  baik. Mereka berkata pada orang tua tersebut : “Wahai syaikh, kami akan melakukan perlombaan wudhu, bersediakah engkau menilai wudhu kami ?”. Merekapun melakukan wudhu dan setelah selesai , keduanya berkata : “Wahai syeikh, mana yang lebih baik ?”, syeikh itu menjawab : “Kalian berdua melakukan wudhu dengan baik, akulah syeikh yang telah jahil dan tidak melakukan wudhu dengan baik. Aku telah belajar dari kalian, bertaubat melalui kalian, mengambil berkah kalian dan kasih sayang kalian kepada umat kakek kalian Rasulullah saaw.”
Hasan dan Husain bisa saja mengingatkan kesalahan wudhu orang tua tersebut akan tetapi kelembutan hati yang ditanamkan oleh Rasulullah saaw. dalam diri Al Husein sebagai “Syajarah Thayyibah” telah tumbuh dengan suburnya dengan siraman air nubuwah.
Pada jaman kehidupan Al Husein bersama Rasulullah saaw., Al Husein, meskipun masih kecil, ia memahami apa yang terjadi pada jaman Rasulullah saaw. Selain meneguk air nubuwah, Al Husein juga memahami bagaimana kaum munafiqin dari umat Muhammad senantiasa menampakkan kecintaan kepada Rasul-Nya tapi hati mereka senantiasa mengatakan sebaliknya. Ia tahu bagaimana kaum munafik senatiasa berusaha untuk menghancurkan Islam dari dalam dengan tipu muslihatnya. Mereka senantiasa meragukan kenabian Muhammad saaw. Orang-orang munafik pada jaman Nabi sangatlah banyak dan jika bukan pemberitahuan dari Allah, mungkin Nabipun tidak akan tahu. Allah sendiri yang menjelaskan :

“Disekitar kamu banyak orang-orang munafik, kemunafikan mereka sangat besar. Kamu tidak mengenal mereka tapi aku tahu…” (Q.S. At Taubah : 101)

Anehnya, banyak kaum muslimin yang menganggap bahwa semua sahabat pada jaman Rasulullah saaw. adalah adil dan tidak boleh dikritik. Setiap membicarakan peristiwa dimana beberapa sahabat Rasul terbukti melakukan kemunafikan, mereka segera bereaksi dan menganggap pembicaraan tersebut tabu dan harus segera dihentikan. Meski demikian, mereka tetap meyakini hadits tentang “sepuluh sahabat masuk surga”. Jika bukan karena adanya strata ruhani yang dimiliki oleh para sahabat, tidak mungkin yang masuk surga hanya sepuluh orang sedang yang lain tidak. Selain yang sepuluh  berhak iri karena derajat mereka sama tapi diperlakukan secara berbeda. Mereka tersinggung jika kita mengatakan bahwa sebagaian sahabat adalah orang-orang munafik sementara kriteria sahabat menurut mereka adalah sangat rawan kritik.
Ketika Rasulullah wafat, Al Husein adalah saksi nyata bagaimana orang-orang yang mengaku sahabat berbondong-bondong lari ke Saqifah Bani Sa’idah untuk memperebutkan kekuasaan dengan meninggalkan jenazah Rasulullah yang belum dimandikan.
Ketika mereka diperintahkan Rasul untuk pergi bersama pasukan Usamah, mereka tidak pergi dengan alasan Rasul sedang sakit dan tidak ada yang merawat beliau. “Itu hanya ucapan mereka saja”, terbukti setelah Rasulullah wafatpun mereka sama sekali tidak memperhatikan jenazahnya. Sementara Ahlu Bait dalam keadaan berkabung dan berduka cita, para sahabat berebut kuasa dan hampir terjadi perang diantara mereka. Akhirnya terpilihlah khalifah yang pertama dengan cara pemilihan yang sangat tidak Islami, hingga Umar sendiri mengatakan : “Pemilihan ini, faltah (ngawur)”.

Setelah Rasul wafat, bencana Ahlul Bait mulai terasa menyesakkan dada. Dimulai dari terpilihnya Abu Bakar sebagai khalifah, seakan-akan Ahlul Bait sudah tidak punya pelindung lagi. Orang-orang munafik mulai manampakkan wujud aslinya. Iblis-iblis mulai nampak nyata di depan mata. Langit Arab mulai mendung, kehancuran umat Muhammad sedang di mulai dari sini.

Ali dipaksa membaiat Abu Bakar
Setelah Abu Bakar menduduki jabatan sebagai khalifah yang dipilih oleh syura mulai pembersihan terhadap siapapun yang menentang kekhalifahan itu. Ahlul Bait adalah sekelompok manusia suci yang tidak berangkat ke Saqifah karena kecintaan mereka kepada Rasulullah dan karena wasiat yang sangat jelas tentang khalifah setelah Rasul. “Tidak pantas bagi setiap mukmin baik laki-laki mapun perempuan, jika Allah dan Rasul-Nya sudah menentukan suatu urusan ia tidak boleh memilih yang lain”. Itulah semboyan mereka.
Tapi umat yang sudah gila kuasa menginginkan agar setiap orang tunduk pada pilihan mereka. Mereka memaksa Ahlul Bait untuk membaiat pilihan mereka. Imam Husein menceritakan peristiwa ini dengan sangat jelas karena beliau juga termasuk orang yang mengalaminya sendiri. Al Husein berkata : “Ketika Abu Bakar dan Umar datang ke rumah menemui ayahku dan berbicara tentang baiat lalu pergi, Ali segera pergi masjid dan berdoa seraya memuji Allah atas apa yang dianugerahkan kepada Ahlul Bait dan karena Allah telah mengutus Rasul dan mensucikan Ahlul Bait sesuci-sucinya”.
Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Iyasy dari Sulaim bin Qais : “Wahai saudara-saudaraku, Rasul telah wafat dan sebelum jasad Rasul dikuburkan, orang-orang telah berselisih. Sementara Ali bin Abi Thalib sibuk mengurusi jenazah Rasul. Ia memandikan, mengkafani dan menguburkan jenazah suci itu. Kemudia Ali melanjutkan penyusunan Al Quran dan melaksanakan setiap wasiat Rasul. Semua orang telah dipengaruhi oleh dua laki-laki itu kecuali Ali, Banu Hasyim, Abu Dzar, Miqdad, Salman dan beberapa gelintir orang. Umar berkata kepada Abu Bakar : “Wahai kamu, semua telah menbaiatmu kecuali orang yang satu ini beserta Ahlul Bait dan beberapa teman mereka. Utuslah utusan kepada mereka !”. Mendengar hal itu Abu Bakar segera mengutus anak paman Umar yang bernama Qunfudz…”
Selang beberapa hari, nampaknya Ali tidak bersedia membaiat Abu Bakar. Umar berkata kepada Abu Bakar yang sedang berada diatas mimbar : “Mengapa kamu dapat duduk tenang diatas mimbar sedang disana seseorang berusaha melawan kamu dan tidak membaiat kaum , perintahkan kepadaku agar aku dapat memotong lehernya?” Saat itu Al Hasan dan Al Husein berdiri tidak jauh dari tempat itu dan mendengar apa yang dikatakan. Anak kecil yang mendengar pembicaraan tentang ayahnya yang semacam itu segera berlari sambil menangis : “Wahai kakek, wahai Rasulullah !”. Ali memeluk kedua anaknya dan didekapkan kedadanya sambil berkata : “Wahai anak-anakku saying, jangan menagis. Demi Allah, mereka tidak akan dapat membunuhku karena mereka lebih hina dari itu”.
Pada saat itu Ummu Aiman, pengasuh Rasulullah dan Ummu Salmah berada di tempat yang sama dan berkata : “Wahai budak yang dibebaskan, mengapa begitu cepat engkau tampakkan kedengkianmu kepada Muhammad dan keluarga Muhammad”. Umar memerintahkan agar kedua perempuan itu dikeluarkan dari masjid sambil berkata : “Perempuan tidak perlu mengetahui urusan ini !”
Umar datang ke rumah Ali bin Abi Thalib dan terjadi pembicaraan seperti ini :

Umar   : “Wahai Ali, bangun dan baiatlah Abu Bakar !”
Ali        : “Jika aku tidak mau “?
Umar   : “Kami akan memotong kepalamu”.
Ali        : “Bohong wahai Ibnu Shahak, engkau tidak akan pernah mampu melakukan itu karena engkau lebih hina dan lebih lemah dari itu”.
Melihat hal itu Khalid bin Walid segera berdiri dan mengancam Ali bin Abi Thalib sambil berkata : “Demi Allah, jika kamu tidak mau melakukan maka aku akan membunuhmu!”
Umar berkata lagi : “Berdiri wahai Ali bin Abi Thalib, baiatlah !”
Ali menjawab : “Jika aku masih juga tidak mau ?”
Umar : “Aku akan membunuhmu”.
Ali bin Abi Thalib berhujjah kepada Abu Bakar hingga tiga kali kemudia Ali mengangkat tangan tanpa membuka jari-jarinya. Abu Bakar memukul tangan itu dan merasa bahwa Ali telah membaiat dan ia pergi bersama pengikutnya.4

Al Husein yang masih kecil dipaksa menyaksikan yang semacam itu. Anak sekecil itu sudah melihat kezaliman umat Muhammad kepada keluarganya. Teringat kembali bagaimana Rasulullah sangat menyayangi mereka berempat.
Al Husein kecilpun tahu bahwa kekhalifahan setelah Rasul adalah milik ayahnya sehingga pada suatu hari ketika Abu Bakar berada diatas mimbar, Hussein berkata : “Ini mimbar ayahku bukan mimbar ayahmu !”, saat itu Ali masuk ke masjid dan berkata : “Wahai abu Bakar, anak kecil mengalami pertumbuhan dalam masa tujuh tahun, bermimpi pada umur 14 tahun, sempurna tinggi badannya pada umur 24 tahun dan sempurna akalnya pada umur 28 tahun setelah itu maka ia akan melakukan segalanya sendiri”.5

Percobaan pembunuhan Hasan dan Husein
Khalifah terpilih dan para pengikutnya mulai merasa bahwa keberadaan Al Hasan dan Al Husein mulai membahayakan mereka. Mereka mencari cara bagaimana Al Hasan dan Al Husein sebagai saksi nyata dapat lenyap dari muka bumi.
Pada suatu hari Al Hasan dan Al Husein bertemu dengan seseorang yang wajahnya sangat garang. Ia bertanya : “Dari mana kalian ?”, “kami dari baitul khala”, jawab mereka. Ia berusaha menyakiti mereka tapi tiba-tiba ada suara : “Wahai syaitan, apakah engkau hendak menyakiti putera-putera Nabi, aku tahu apa yang kamu lakukan semalam. Engkau berniat menyakiti ibu mereka juga, engkau berusaha membuat cerita bohong dalam agama dan engkau lalui jalan yang bukan jalanmu”.
Orang tersebut mengayunkan tangan kanannya dan hendak memukul kepala Al Husein. Allah menjadikan tangan itu lemah, lunglai tak berdaya. Ia mencoba dengan tangan kirinya dan hal yang sama ia alami”.
Akhirnya orang itu berkata : “Atas nama datuk dan ayah kalian aku minta kalian memohon kepada Allah agar membebaskan aku dari keadaan ini!”
Imam Husein berdoa : “Ya Allah, bebaskanlah dia, dan jadikanlah hal ini sebagai pelajaran dan hujjah atasnya”. Laki-laki itu pergi meninggalkan Hasan dan Husein.

Husein bersaksi untuk Fatimah tentang Fadak
Kepergian Rasul diikuti dengan dirampasnya hak-hak ahlul Bait as. Dari mulai kekhalifahan Ali bin Abi Thalib hingga warisan Rasul satu-satunya Fatimah yaitu tanah Fadak. Tanah Fadak ini merupakan warisan Rasul kepada Fatimah yang diperintahkan Allah, bukan warisan manusia atau nasab. Imam Husein pernah mengatakan : “Ketika Allah memberikan kemenangan kepada Rasulnya termasuk didalamnya tanah Fadaq dan sekitarnya. Allah menurunkan satu ayat sehubungan dengan Fadaq ini : “Berikanlah hak kerabatmu !”6, Rasul tidak mengetahui siapa yang harus mendapatkannya dan akhirnya Jibril turun dan menerangkan bahwa itu untuk puteri kesayangannya, Fatimah as. Rasul memanggil Fatimah : “Wahai Fatimah, Allah memerintahkan aku untuk memberikan Fadaq ini padamu”.
Fatimah menjawab : “Baik ya Rasulullah, aku terima darimu dan dari Allah”.
Tanah Fadaq adalah pemberian Allah kepada Fatimah dan akan menjadi milik Fatimah selama Allah menghendaki. Tapi khalifah Abu Bakar berusaha untuk mengambilnya dari puteri Rasul itu. Fatimah mendatangi Abu Bakar dan menuntut haknya itu. Abu Bakar berkata : “Datangkanlah saksi atas pengakuanmu !”, lalu datanglah Ali, Hasan, Husein dan Ummu Aiman dan semuanya bersaksi. Tanah Fadak kembali ke tangan Fatimah, akan tetapi di tengah perjalanan mereka bertemu Umar. Umar berkata : “Kertas apa itu wahai puteri Rasul ?”, “Ini surat Abu Bakar”, jawabnya. Umar berkata : “Tunjukkan padaku !” Fatimah tidak bersedia menunjukkannya. Dirampasnya kertas itu dari tangan Fatimah dan disobeknya kertas itu sambil berkata : “Tanah itu bukan milikmu lagi”.7
Betapa pedih hati Fatimah, Ali, Hasan dan Husein. Satu-satunya peninggalan Rasulullah untuknya telah dirampas dari tangannya.
Fatimah sakit, dalam sakitnya itu ia berwasiat kepada suaminya Ali bin Abi Thalib agar merahasiakan berita ini, merahasiakan tentang sakitnya dari orang lain. Ali melaksanakan wasiat itu. Ia mengurusi isteri tercintanya yang terbaring sakit dengan sangat hati-hati. Ia dibantu oleh Asma binti “Umais. Ketika Fatimah Az Zahra mendekati ajalnya, ia berwasiat kepada Ali agar ia sendiri yang menguruskan jenazahnya, menguburnya sendiri dan disembunyikan kuburannya. Ali bin Abi Thalib melaksanakan wasiat itu”.
Ketika Fatimah wafat Hasan dan Husein masih kecil, mereka bertanya : “Wahai Asma, apakah yang membuat ibuku tidur pada saat-saat seperti ini ?”
Tidak dapat lagi menahan air mata Asma berkata : “Kasihan sekali kalian, ibu kalian tidak tidur, ia telah meninggal”. Mendengar penjelasan itu Hasan dan Husein berlari memeluk jenazah ibunya diciumi jenazah ibunya itu dan berkata : “Wahai ibu, bicaralah padaku sebelum kau tinggalkan aku !” Husein berkata : “Wahai ibuku bicaralah padaku sebelum aku mati karena kesedihan berpisah darimu”.
Saat peristiwa itu Imam Ali belum mengetahui bahwa Fatimah telah wafat, Asma berkata kepada Hasan dan Husein, wahai putera-putera Nabi pergi dan beritahu ayahmu akan hal ini !”. Mereka lari menemui Ali bin Abi Thalib dan ketika sampai di dekat masjid dan mendapat ayahnya mereka menangis dengan keras. Sahabat bertanya : “Apa yang menjadikan kalian menangis ?”, “Apakah kalian merindukan kakek kalian ?” Tanya mereka.
 Keduanya menjawab : “Tidak, ibu kami telah pergi”.
Ali lemas lunglai, ia terduduk sambil berkata : “Siapa yang pang bersedih wahai puteri Rasul.

Iman Hussein adalah saksi sejarah hitam umat Muhammad. Setelah kepergian ibunya, Hasan dan Husein hidup bersama ayahnya dalam kedhaliman umat Muhammad. Kesedihan mereka kian bertambah tatkala suatu malam di bulan Ramadhan pedang musuh menebas pundak ayahnya ketika sedang shalat. Ali, Amirulmukminin tersungkur di mihrab bersimbah darah. Mendengar hal itu Hasan dan Husein menangis sambil berseru : “Wahai ayah, akan lebih jika kami mati”. Selang beberepa hari Ali bin Abi Thalib menghadap Allah dan Rasulnya. Kini Hasan dan Husein tingga sendirian sebatang kara. Jika pada masa hidup ayah dan ibunya ada orang yang berusaha membunuhnya bagaimana sekarang. Musuh-musuh Allah sudah mempersiapkan pedangnya dan siap mencengkeram meraka.

Al Hasan menggantikan ayahnya mejadi Imam dan kezaliman yang sama diterima olehnya
Dan Husein…..
Setelah menyaksikan satu demi satu keluarganya didzalimi, kini ia harus mengalami kezaliman yang terbesar dalam sejarah umat manusia.




1 Kitab Sulaim bin Qais : 172
2 Kitab Man laa yahdhuruhul faqiih 1 : 305 hadits ke-917  Wasail Asy Syi’ah  3:722 hadits ke-4
3 Bihar Al Anwar 34 : 313   Al ‘Awalim  16:66  hadits ke-4   Ma’ali As Sibthain  1 : 83
4 Kitab Sulaim bin Qais : 239  Bihar Al Anwar  28 : 297 hadits 48
5 Mustadrak Wasail  15 : 165 hadits ke-3
6 Q.S. Al Isra : 26
7 At Tahdzib 4 : 148 hadits : 414

No comments

Powered by Blogger.